Ini Beberapa Hal Yang Bisa Kita Lakukan Untuk Mendukung Para Penyandang Disabilitas

Bagi orang yang normal dan memiliki banyak kelebihan, bebragai kegiatan tentu mudah untuk dilakukan. Namun, bagi para penyandang disabilitas, ada banyak hal yang tidak bisa mereka lakukan sendirian. Bahkan, mereka kesulitan untuk mencari pekerjaan dan diterima di lingkungan kerja. Hal ini adalah hal yang menyakitkan bagi para penyandang disabilitas. Padahal, semua orang berhak mendapatkan kehidupan yang layak https://www.kompasiana.com/molzania1507/5beffe766ddcae715836ed24/berkarya-untuk-bangsa-harapan-baru-penyandang-disabilitas.

Mulai sekarang, semua orang harus menyadari bahwa para penyandang disabilitas harus didukung dengan berbagai cara. Bahkan, kita semua memperingati hari disabilitas internasional setiap tahunnya. Hari peringatan ini harusnya bisa menjadi pengingat bahwa para penyandang disabilitas juga harus diberikan kesempatan yang sama dengan semua orang. Kita semua bisa mendukung para penyandang disabilitas dengan beberapa cara ini.

1. Tanyakan dulu dan ikuti petunjuk mereka
Jangan menganggap orang yang tidak meminta bantuan adalah orang yang tidak membutuhkan bantuan. Tanyakan apakah mereka membutuhkan sesuatu untuk membuat proses lebih efektif atau lebih mudah bagi mereka. Para penyandang disabilitas mengetahui betul apa yang mereka lakukan, tugas kita adalah membantu mereka. Mintalah instruksi khusus tentang apa yang harus kamu lakukan kepada mereka.

2. Bicaralah dengan jelas dan dengarkan baik-baik
Jika Anda bekerja dengan seseorang yang memiliki cacat perkembangan atau masalah kognitif lainnya, gunakan kalimat yang jelas, kata-kata sederhana dan konsep yang mudah dimengerti. Ukur kecepatan, kompleksitas, dan kosa kata kamu harus diatur agar sesuai dengan mereka. Izinkan orang dengan gangguan bicara menyelesaikan kalimatnya sendiri. Jangan bicara atau memotong pembicaraan mereka. Kamu harus mendengarkan dengan baik apa yang mereka butuhkan dan apa yang ingin mereka sampaikan.

3. Berikan mereka ruang sendiri
Beberapa orang yang menggunakan bantuan mobilitas, seperti kursi roda, alat bantu jalan atau tongkat, melihat alat bantu ini sebagai bagian dari ruang pribadi mereka. Demikian pula, jangan pernah mulai mendorong kursi roda seseorang tanpa terlebih dahulu meminta izin dari orang tersebut. Jangan menyentuh, bergerak, atau bersandar pada alat bantu mobilitas demi keamanan mereka.